Penuaan Dini: Ketahui Ciri-Ciri, Penyebab, dan Pencegahannya

Penuaan Dini Ketahui Ciri-Ciri, Penyebab, dan Pencegahannya
Penuaan Dini Ketahui Ciri-Ciri, Penyebab, dan Pencegahannya

Dokteria.com - Penuaan dini ditandai dengan munculnya keriput, kaki gagak dan garis halus. Penyebab penuaan dini antara lain paparan sinar matahari, kontraksi otot wajah yang berulang, posisi tidur yang buruk, dan kebiasaan merokok. Meski tidak bisa dihindari, Anda bisa melakukan cara mencegah penuaan dini.

Proses penuaan umumnya terjadi pada usia di atas 50 tahun. Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin tubuh melemah. Akibatnya, elastisitas kulit menurun sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput atau kerutan. Namun, proses ini bisa terjadi lebih awal yang dikenal dengan penuaan dini.

Anda mungkin tidak bisa menghindari munculnya tanda-tanda penuaan. Namun, Anda bisa memperlambat kemunculannya dengan mengetahui penyebab pasti dan cara mencegah penuaan dini.

Tanda atau ciri-ciri penuaan dini

Pada dasarnya tanda penuaan dini sebenarnya mirip dengan penuaan kulit normal, namun terjadi lebih awal.

Setiap orang mengalami proses penuaan secara berbeda. Umumnya seseorang dapat dikatakan mengalami penuaan dini jika proses ini terjadi sebelum usia 35 tahun.

Berikut tanda-tanda penuaan dini yang harus diwaspadai:

  • Munculnya kerutan atau keriput
  • kulit kendur
  • Penipisan kulit yang membuat kulit terlihat transparan dan mudah memar
  • Kulit kering dan kasar
  • Kulit menjadi lebih rapuh
  • Kurangnya pigmen kulit yang membuat warna kulit memudar

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri penuaan dini.

1. Rambut rontok

Kerontokan rambut juga merupakan tanda penuaan dini yang mungkin dialami. Kerontokan rambut dapat terjadi akibat sel punca yang memicu pertumbuhan rambut baru pada folikel yang mati.

Kondisi ini bisa terjadi karena pengaruh perubahan hormonal, faktor lingkungan, genetik, dan pola makan.

2. Kerutan atau keriput dan kulit kendur

Salah satu ciri penuaan dini adalah munculnya kerutan atau kerutan dan kulit yang kendur.

Hal ini bisa terjadi karena kulit akan memperlambat produksi kolagennya sehingga elastisitasnya akan hilang saat memasuki usia 30-an.

Padahal, kolagen berfungsi menjaga elastisitas kulit. Lemak di bawah kulit, di pipi, dagu, dan hidung juga bisa hilang sehingga membuat kulit wajah semakin kendor.

Biasanya tanda-tanda penuaan dini bisa terlihat terutama di area sekitar otot yang sering digunakan, seperti dahi, atau area tubuh yang sering terpapar sinar matahari langsung.

3. Kulit tangan kendur

Tidak hanya di wajah, lapisan atas kulit di tangan juga bisa mengalami penipisan dan mengandung lebih sedikit bahan penyusun protein, seperti kolagen. Akibatnya, kulit di tangan Anda terlihat kendur, tipis, dan mudah berkerut.

Padahal, tidak diketahui secara pasti kapan ciri penuaan dini ini muncul. Namun, beberapa orang mulai memperhatikan kulit kendur di tangan mereka di usia akhir 30-an dan awal 40-an.

4. Peradangan atau hiperpigmentasi di sepanjang dada

Beberapa orang mungkin mengalami tanda-tanda penuaan dini berupa perubahan warna yang tidak merata di area dada seiring bertambahnya usia.

Mirip dengan flek hitam, kondisi ini disebabkan oleh rusaknya sel-sel tubuh akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Hiperpigmentasi juga bisa terjadi akibat eksim atau kondisi kulit lain yang merusak pigmen melanin, yaitu sejenis pigmen yang memberi warna pada kulit.

5. Kulit kering dan gatal

Tahukah Anda bahwa kulit kering dan gatal juga bisa menjadi tanda penuaan dini?

Ya, proses penipisan dermis (lapisan dalam kulit) yang memicu dehidrasi bisa membuatnya rentan kering dan mengelupas, serta rapuh seiring bertambahnya usia.

Anda mungkin akan melihat tanda-tanda penuaan dini sebelum usia 40 tahun.

6. Bintik hitam

Flek hitam pada kulit juga merupakan tanda penuaan dini. Kondisi ini juga dikenal sebagai bintik-bintik usia.

Flek hitam biasanya muncul di wajah, punggung tangan atau lengan bawah akibat paparan sinar matahari berlebih yang memicu hiperpigmentasi pada kulit.

Flek hitam pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari bisa muncul di atas usia 40 tahun.

Dapatkan Berita dan Informasi Kesehatan Terbaru dengan mengikuti kami di Google News